2 asuransi pendidikan anak

2 asuransi pendidikan anak

Terkadang Orang-orang merasa terjebak saat mereka mempersiapkan biaya pendidikan anaknya, mereka juga merasa ada yang aneh mengenai asuransi pendidikan. Tapi kita seharusnya perlu tahu, sebenarnya kita harus tahu tentang apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan itu, dan bagaimana cara kita harus menempatkan diri dengan bijak saat menghadapi produk asuransi.

Sebelum kita bergabung dengan asuransi pendidikan alangkah baiknya kita bertanya pada diri sendiri, Tentang sebenarnya apa itu asuransi pendidikan dan mengapa banyak orang yang tertarik dengan asuransi pendidikan ini.

Persoalan pendidikan salah satu persoalan yang penting bagi semua orang tua untuk anaknya. Maka berjalannya pendidikan itu sangat berkaitan dengan biaya yang akan digunakan selama anak menjalani pendidikan.

Oleh karena inilah tentunya orang tua kita harus menyiapkan dana untuk berjalannya pendidikan yang memadai. Namun disebabkan banyak orang tua yang kurang paham mengenai penyimpanan dana pendidikan, sehingga berkembanglah yang namanya asuransi pendidikan dalam masyarakat.

Sekarang sudah banyak asuransi pendidikan ini dikenal di masyarakat dan mereka berpikir positif mengenai asuransi pendidikan serta pilihan asuransi ini dapat memecahkan masalah pendidikan anaknya suatu saat nanti. Persoalan tentang asuransi pendidikan masih bertanda tanya dalam pikiran meraka, apa dan bagaimana cara kerjanya.

2 asuransi pendidikan anak
Persiapan dana pendidikan

Jadi perlu kita ketahui bahwasanya asuransi pendidikan ini dia dibagi menjadi dua Bagi, diantara dua pembagian asuransi pendidikan ini mereka mempunyai dua cara yang tidak sama dimana pendidikan ini terdapat dua sifat yang namanya endowment dan unit link.

2 asuransi pendidikan anak

1. Dana abadi asuransi pendidikan

Jenis asuransi pendidikan endowment ini memiliki skema seumpamanya setiap nasabah tentunya mereka akan dikenakan biaya untuk membayar premi, kemudian dana yang kita bayar ke perusahaan asuransi akan dikelola oleh perusahaan asuransi dengan memberikan polis kepada kita sebagai nasabah mereka.

Polis yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan skema suatu saat nanti kita akan mendapat bayaran, misalkan jangka polis yang kita ambil itu hanyalah lima tahun setelah kita selesai menjalani polis selama lima tahun kita akan mendapatkan uang, uang inilah yang akan kita pakai untuk anak kita dalam pendidikan .

Seumpamanya orang tua kita ini mengambil asuransi pendidikan dana abadi, orang tua kita membayar 10 juta, lalu polisnya ini sampai tahun kelima asuransi, ketika sudah sampai tahun kelima orang tua kita akan mendapat 70 juta untuk biaya sekolah dasar.

Selanjutnya tiga tahun mendatang orang tua kita mendapatkan uang senilai 40 juta, untuk biaya sekolah menengah. Namun ada juga dana abadi yang dikhususkan untuk pendidikan kuliah tapi mahal, ketika orang kita mengambil dana abadi ini nantinya akan lebih kurang tahun ke 18 dana yang akan diberikan lebih kurang 500 juta.

Nantinya uang inilah yang akan dipakai untuk biaya pendidikan universitas kuliah kita. Inilah asuransi pendidikan yang dinamakan asuransi pendidikan endowment.

2. Unit link asuransi pendidikan

Jika kita membeli asuransi pendidikan unit link ini artinya sama saja kita telah membeli asuransi jiwa. Jadi dana kita pada asuransi jiwa akan dijadikan sebagai jalan investasi. Karenanya jikalau kita sudah ada asuransi unit link sama saja kita telah ada asuransi jiwa.

Maka seiring berjalannya asuransi unit link kita juga mempunyai investasi, dana asuransi yang kita beli dijadikan peluang, dan bisa ditarik pada waktu tertentu, semisal kan 10 tahun. Jadi banyak orang yang salah faham mengenai asuransi unit link ini.

Banyak yang salah faham karena mereka mengharapkan keuntungan dari investasi. Sebenarnya bukan begitu maksudku, tujuan dari asuransi ini untuk masa mendatang jika kita meninggalkan atau sakit tidak bisa bekerja, maka investasi ini akan menanggung anak pemilik polis.

Kalaupun kita ingin mengharapkan dari hasil investasi itupun tentunya tidak akan menjamin keuntungan dari hasil investasi. pastinya ini akan menimbulkan kekecewaan pada kita kerena, pertama biaya asuransi akan dipotong secara maksimal. kedua investasi ini bersifat naik turun, sama seperti saham, tergantung pasarnya.

Jadi manfaat dari asuransi unit link ini adalah ketika orang tua kita meninggal atau cacat maka pihak asuransi pendidikan yang akan membiayai pendidikan kita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *