2 cara mengatur uang hasil jualan

2 cara mengatur uang hasil jualan

2 cara mengatur uang hasil jualan- Bagi kita yang suka berjualan sedikit atau banyak yang namanya jualan sudah pasti kita menginginkan keuntungan. Terkadang keuntungan yang kita dapat dari hasil jualan kita ini tidak terasa cepat habis.

Persoalan yang menjadikan keuntungan kita habis sehingga kita tidak dapat merasakan hasil dari usaha kita sendiri adalah apakah kita sudah mengatur uang jualan kita dengan baik atau belum.

Apabila kita tidak merasa hasil jualan kita itu merupakan kejadian yang biasa, terlebih lagi kalau kita masih sangat baru dalam membuka usaha. Apalagi usaha yang telah kita jalani sudah berjalan sekitaran dua tahun uang hasil jualan sudah pasti tidak efektif lagi.

Demi menjaga keuangan kita dalam berjualan kita perlu cara dalam mengatur uang hasil jualan, supaya keuntungan hasil jualan dapat kita nikmati dengan teratur.

2 cara mengatur uang hasil jualan

1. Buat rekening tabungan terpisah

2 cara mengatur uang hasil jualan
Atur rekening tabungan untuk bisnis

Ketika kita hendak memulai bisnis langkah yang paling awal yang harus kita ciptakan adalah memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening bisnis. Saat kita telah memisahkan rekening khusus ternyata kita telah menjalani langkah 30% dari 0% ke tahap 100%.

Memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis nyatanya ini memberikan pengaruh yang sangat besar dalam mengatur keuangan kita dalam berjualan dan memantau peningkatan kita dalam usaha jualan kita sendiri.

Membedakan rekening tabungan pribadi dengan rekening bisnis ini sama saja kita telah memenejemenkan keuangan kita agar supaya tidak tercampur aduk keuangan bisnis dengan keuangan pribadi, sehingga tidak ada alasan bagi kita keuntungan jualan habis karena belanja sehari-hari.

2. Kejelasan perencanaan anggaran

Perencanaan anggaran yang jelas itu sangat penting baik yang baru memulai bisnis ataupun yang sedang berjalan bisnisnya.

2 cara mengatur uang hasil jualan
Semua anggaran modal bisnis harus diarahkan dengan betul

Dengan membuat perencaan yang jelas itu sama saja kita telah mengatur strategi kita dalam dunia bisnis. Maka kita akan mengetahui mana yang penting dan mana yang kurang penting, jadi kita bisa alokasikan dana dengan maksimal dan membuat keuangan kita terkontrol.buat anggaran bisnis yang tidak sia-sia itu melibatkan beberapa langkah penting.

Anggaran bisnis tidak sia-sia

1. Pastikan setiap anggaran dana yang kita keluarkan itu terarah, seperti modal dan gaji karyawan.

2. Identifikasi pengeluaran mana pengeluaran yang bisa kita potong dan di kurangi atau yang tidak ada kepentingan lainnya.

3. Membuat catatan penting untuk bisnis usaha kita ini, agar semua pengeluaran dan pemasukan itu terarah.

Catatan bukan hal yang sepele saat kita berbisnis, bahkan catatan itu tidak boleh pisah yang namanya bisnis. ini salah satu cara uang efektif dalam mengatur keuangan kita tentang pemasukan dan pengeluaran bahkan sampai akhir bisnis kita.

Kemudian kita juga perlu yang namanya melakukan aplikasi rencana yang telah kita aplikasikan. ini hal paling efektif maka tahap ini juga menjadi penting dimana kita dapat melihat wawasan peningkatan bisnis kita, maka perlu melakukan perbandingan setiap bulan. Dengan menerapkan hal yang ini kita bisa mengstabilkan bisnis kita.

Berikut beberapa langkah yang bisa kita tinjau dengan anggaran yang telah kita aplikasikan.

1. Kita dapat membandingkan tentang keuangan pengeluaran dan pendapatan kita pada bulan sebelumnya, perbandingan ini kita akan melihat trend yang menjadi pemahaman pengeluaran dan pendapatan.

2. Kita juga bisa melihat area mana yang harus kita perbaiki tentang pengeluaran dan pendapatan. Dengan melihat area yang mana tidak baik kita bisa perbaiki, atau area mana yang kurang kita bisa menambahkannya sehingga dengan mudah kita bisa menemukan sesuatu yang janggal dalam mengelola keuangan bisnis kita.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *